LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1
MODUL IX
“DASAR JAVA GRAFIS"
Dosen : Dede Irawan M.Kom
Disusun Oleh :
Lisna Wulandari
20160910049
SI 2016 A
SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang memberikan bimbingan dan pertolongannya sehingga dalam penulisan Laporan Praktikum Bahasa pemograman 1 ini bisa berjalan dengan lancar. Penulisan Laporan Praktikum Bahasa pemograman 1 ini dimaksudkan penulis khusunya saya sendiri untuk memenuhi tugas mata kuliah Bahasa pemograman 1. Penulisan Laporan Praktikum Bahasa pemograman 1 ini dimaksudkan sebagai penambah wawasan pembaca khususnya tentang Bahasa pemograman 1 tentang Dasar Java Grafis. Di sisi lain, penulis mengajak kepada para pembaca agar dapat memahami dan mendalami masalah topik di atas, sekaligus menerapkan hasil Laporan Praktikum Bahasa pemograman 1.
Demikianlah sebagai pengantar, mudah-mudahan dengan laporan ini bisa diterima dengan baik. Dan semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat-Nya dalam setiap aktivitas yang kita kerjakan. Amin
Kuningan, 19 Januari 2018
Penyusun,
Lisna Wulandari
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Grafis
B. Contoh Program
C. Post Test
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Daftar Pustaka
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Bahasa pemrograma java tidak hanya di gunakan untuk membuat program berbasis text(text-base program) namun lebih dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk pemrograman grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan lain – lain.
Rumusan Masalah
1. Apa desain grafis ?
2. Contoh desain grafis ?
Tujuan
Untuk mengetahui apa itu dasar java grafis dan juga agar mendapatkan ilmu dari pengetahuan tentang dasar java grafis.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Java Grafis
Java menyediakan library untuk grafis dan multithreading sebagai modal untuk pembuatan animasi. Dengan menggunakan library tersebut, ditambah sedikit interaksi input mouse, Anda bisa membuat game sederhana.
Hampir semua komponen grafis 2 dimensi Java terletak dalam package java.awt dan javax.swing. Bahkan untuk event dari mouse dan keyboard pun terletak dalam package java.awt.event. Sedangkan untuk threading, terletak pada package java.lang yang otomatis digunakan oleh seluruh program Java.
B. Contoh Program
Script Program :
package modul_9;
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class Modul_9 extends Jframe{
public Modul_9(){
setTitle(“Latihan Grafis”);
setSize(500,500);
setDefaultCloseOperation(Jframe.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.RED);
g.drawLine(100, 120, 350, 120);
}
public static void main(String[] args) {
Modul_9 Modul_9 = new Modul_9 ();
}
}
Hasil Running
C. Post Test
Buat bentuk untuk menunjukan opesi himpunan berupa Union, Intersection, dan Subtraction.
Script Programnya :
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class PostTestM9 extends JFrame{
public PostTestM9(){
setTitle("BELAJAR GRAFIS");
setSize(800,700);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.GRAY);
g.fillOval(100, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.GRAY);
g.fillOval(200, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.GRAY);
g.fillOval(100, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.GRAY);
g.fillOval(200, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 300, 50, 110);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 300, 49, 109);
g.setColor(Color.GRAY);
g.fillOval(100, 480, 150, 150);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 480, 149, 149);
}
public static void main(String[] args) {
PostTestM9 PostTestM9 = new PostTestM9();
}
}
Hasil Running
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi di java grafis ini kita bisa membuat aneka bentuk program grafis seperti games, aplkiasi grafis, animasi dan lain-lain. Banyak sekali kegunaannya dan cukup membantu untuk orang yang membutuhkannya.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar